Dasar-dasar Elektronika (Owen Bishop)

belbuk.com

Judul Buku         : Dasar-dasar Elektronika
Pengarang          : Owen Bishop
Tahun Rilis         : 2004
Penerbit              : Erlangga
Halaman             : 212
Bahasa                : Indonesia
ISBN                    : 979 - 741 - 431 - 0

Mau belajar tentang elektronika ? atau anda baru saja memasuki tahun pertama jenjang perkuliahan tentang kelistrikan ? apasih elektronika itu ? Pertanyaan-pertanyaan yang muncul akibat rasa penasaran anda terhadap barang-barang elektronik yang dibuat dengan prinsip kelistrikan dan keterpaksaan anda memasuki ranah baru pembelajaran tentang listrik membuat anda semakin dekat dengan buku yang satu ini. 

Buku ini ditulis untuk orang-orang awam yang benar-benar tidak mengetahui apa itu elektronika dan sebagai pengantar awal mahasiswa bidang kelistrikan. Buku ini berisi pengetahuan dasar-dasar dari elektronika, beberapa definisi, rumus, dan fakta yang disoroti untuk mendukung teori kelistrikan dan menjelaskan juga berbagai komponen-komponen elektronik. Selain itu anda akan dijelaskan tentang pengaplikasian sistem-sistem elektronika. 

Beberapa dari anda mungkin tidak akan mengenal alat-alat untuk kegiatan yang berkenaan dengan listrik tapi dari buku ini anda akan dijelaskan apa itu alatnya dan bagaimana cara kerjanya. Banyak sekali gambar contoh yang terdapat pada buku ini sehingga memudahkan para pembaca untuk mencerna isi buku dan juga memudahkan untuk pengoperasian alat-alat yang digunakan dalam bidang kelistrikan.

Buku ini menyisipkan beberapa fitur sebagai pendekatan kepada pembaca untuk menarik minat. Beberapa fitur yang ditampilkan pada buku ini mencakup :
·         Beberapa pertanyaan untuk menguji pengetahuan dan pemahaman anda. Fitur ini ditampilkan pada “Ujilah Pengetahuan Anda”.
·         Adanya beberapa jawaban  dari beberapa pertanyaan yang tertulis pada sejumlah halaman kunci di bagian akhir buku
·         Melimpahnya contoh praktis dan banyak sekali diagram rangkaian. Intruksi yang ada dibuat detail untuk teknik kontruksi yang sederhana, dan untuk prosedur pengujian terdapat dalam subbab “Di dalam Lab
·         Penekanan pada  sistem
·         Menyediakan saran dalam jumlah besar untuk dapat dipraktekkan pada rangkaian dan juga proyek yang dapat dirancang oleh para pembaca, di samping memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai teori elektronik.
·         Sarat dengan gambar half-tone dan line-drawing, kelengkapan simbol dalam rangkaian mengikuti panduan yang ditetapkan dalam spesifikasi elektronika AQA GCSE. Foto yang ada merupakan foto jarak dari komponen-komponen elektronika, terdapat pula beberapa ilustrasi mengenai teknik-teknik konstruksi.

Dari sana telah terlihat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh buku satu ini. Mungkin karena memang ini adalah buku non fiksi, ketertarikan pada buku ini masih rendah jika dibandingkan buku-buku fiksi atau non fiksi lainnya. Namun memang jika anda berminat pada hal-hal berbau kelistrikan dan ingin mempelajari lebih dalam mengenai bidang elektronik buku ini sangat cocok untuk anda.


Banyak hal menarik yang bisa anda lakukan ketika telah memahami dasar-dasar dari elektronika, contoh sederhananya yaitu membuat lampu, atau yang biasanya mahasiswa lakukan adalah membuat berbagai robot dengan berbagai kegunaan yang bisa diperlombakan di berbagai ajang didalam maupun luar negeri. Fakultas Teknik UNY yang kebanyakan berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro misalnya membuat robot yang bisa menari mengikuti alunan lagu tradisi. Robot tersebut meraih juara 1 dalam ajang Kontes Robot Seni Tari Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 8 - 9 Juli tahun 2017 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UNY

 Kontes ini diadakan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan minat, bakat dan kemampuan mahasiswa pada pengembangan teknologi khususnya dalam bidang robotika. Jadi banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dan lakukan saat belajar mengenai kelistrikan dan buku ini bisa menjadi panduan atau pengantar awal untuk anda.

Kelemahannya sendiri adalah karena memang dirilis pada tahun 2004 untuk ilustrasi dari gambar dan alatnya terkesan kuno, tapi untuk teori dan rumus yang ada akan sangat mudah dipahami. Buku ini tidak terlalu tebal tapi karena menyisipkan banyak sekali gambar membuat buku ini terlihat lebih besar.


Kesimpulannya buku ini cocok untuk anda yang ingin belajar mengenai elektronik dari awal.
Load disqus comments

0 comments