Komunitas Penggemar Bus (BisMania Community)

Bus merupakan kendaraan besar beroda sebagai moda transportasi umum yang dapat membawa banyak penumpang. Bus di Indonesia dibagi ke dalam berbagai kategori, berdasarkan ukuran, kelas, dan jenis. Ada tiga jenis bus dikategorikan berdasarkan ukuran yaitu, bus besar, bus sedang, dan bus kecil. Sedangkan berdasarkan kelas ada kelas ekonomi, bisnis, bisnis ac, executive, dan super executive. Pembagian berdasarkan kelas ini ditentukan oleh fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh bus. Ada pula bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) Selain itu, masih ada juga bus kota, seperti metromini, patas, dan sebagainya, serta bus perdesaan. Berdasarkan jenisnya, ada bus pariwisata, bus reguler, bus malam, bus sekolah, bus tingkat dan lain sebagainya.
           
Semua hal tentang bus mungkin akan sangat biasa untuk orang awam. Mereka mungkin hanya melihat bahwa bus itu hanya sebuah alat transportasi tidak lebih. Tetapi berbeda bagi beberapa orang yang tergabung dalam suatu komunitas yang menyebut mereka Busmania Community. Mereka berkumpul untuk berbagi pengalaman dan informasi yang diketahuinya tentang bus. Busmania Community berdiri oleh orang-orang yang mempunyai hobi yang sama yaitu suka dengan bus.

Busmania Community adalah komunitas penggemar bis Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka adalah masyarakat yang menjadikan bus tidak hanya sekedar alat transportasi tetapi juga aneka kreasi dan hobi. Segala hal yang berhubungan dengan bus diakomodasi dalam komunitas. Busmania Community memiliki anggota yang beragam dari berbagai usia dan berbagai kalangan namun dalam satu kesatuan hati yaitu penggemar bus Indonesia. Busmania Community tidak hanya sebagai sarana pemersatu penggemar bus di Indonesia tetapi juga berharap dapat berperan memberikan sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa khususnya di prasarana transportasi sebagai penghubung antardaerah di Indonesia. Selain itu Busmania Community berharap dapat menunjang berbagai aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, menjadi nilai tambah yang bermafaat bagi pengusaha, konsumen, ataupun industri lain yang berhubungan dengan dunia transportasi bus.

Perkembangan  Busmania Community tiap tahun meningkat. Busmania Community awalnya memiliki kegiatan yang sederhana seperti nongkrong di terminal dan hanya melihat bus-bus yang lalu lalang dan berhenti lalu pergi. Tetapi seiring berjalannya waktu anggota Busmania semakin banyak sampai Pulau Sumatra, Bali dan Kalimantan. Dengan banyaknya antusias para penggemar bus, maka dilaksanakanlah Jambore Nasional Busmania Community.

Jamnas Busmania Community terakhir diselenggarakan tanggal 16-17 Mei 2015 yang berlokasi di Jepara. Jambore tersebut dimeriahkan oleh 49 unit bus dan 1.400 member Busmania Community. Dalam jamnas tersebut juga disosialisasikan tata cara tertib berlalu lintas dari pihak kepolisian dan pemecahaan rekor miniatur bis terbanyak yang dicacat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu sebanyak 307 unit. Acara Jamnas Busmania Community biasanya mendapat dukungan dari pemerintah dan kepolisian setempat, seperti yang dilaksanakan pada tahun 2015 Jamnas terselenggara atas dukungan dari pemerintah Kabupaten Jepara dan pihak Kepolisian Resor Jepara.

Slogan “Ayo Naik Bus”  terus dikampanyekan dan dimaksudkan agar para pengguna jalan beralih menggunakan moda transportasi umum khususnya bus. Dengan adanya komunitas penggemar bus dengan slogan dan kegiatan yang dimiliki, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara di negara yang kita cintai.
Load disqus comments

0 comments